9 Tes Kesehatan Yang Wajib Dilakukan Perempuan

/, tubuh ideal/9 Tes Kesehatan Yang Wajib Dilakukan Perempuan

9 Tes Kesehatan Yang Wajib Dilakukan Perempuan

 medical-check-up-perempuan

Kaum Perempuan Perlu Melakukan Medical Check-Up Ini Secara Rutin

Tubuh perempuan memang memiliki sistem yang lebih kompleks daripada laki-laki. Oleh karena itu, sangat penting bagi perempuan untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Baik itu dalam urusan menjaga kebersihan, mengatur pola makan hingga rutin cek medis.

Bicara tentang cek medis atau medical check-up, dianjurkan agar perempuan melakukannya minimal setahun sekali. Tentu saja rutin mengecek kesehatan ini, akan memberikan keuntungan khususnya kaum perempuan karena dapat mendeteksi dini sehingga menghindarkan kita dari penyakit yang lebih serius.

Apa saja sih tes kesehatan yang wajib dijalani oleh perempuan? Berikut ini daftarnya:

1. Tes Kepadatan Tulang
Faktanya, 1 dan 3 perempuan di seluruh dunia mengalami risiko osteoporosis, maka itu penting untuk mengecek kepadatan tulang sejak dini.

2. Mammogram (Payudara)
Penting bagi wanita untuk mengecek payudaranya, apakah ada benjolan atau tidak, semenjak usia 20-an. Untuk memastikan apakah ada risiko kanker/tumor payudara, sebaiknya mengambil tes mammogram.

3. Tes Kesehatan Gigi
Tes ini bertujuan untuk mengecek adakah gangguan gusi dan mencegah jika ada risiko kanker mulut. Lakukan kontrol minimal 2 kali dalam setahun.

Baca juga: Menu Diet Sehat Untuk Diterapkan Sehari-hari

4. Tes Jantung
64% perempuan di seluruh dunia, meninggal akibat sakit yang berhubungan dengan jantung. Sayangnya, penyakit berhubungan dengan
jantung ini tidak terdeteksi dini hingga akhirnya baru diketahui saat penyakit sudah parah.

5. Profil Lemak
Perubahan gaya hidup memberikan peluang yang semakin besar penyakit hinggap di tubuh kita. Kolesterol tinggi tak hanya bertanggungjawab atas penyakit jantung saja, tetapi komplikasi penyakit lainnya. Lakukan tes ini setiap 5 tahun sekali sejak usia 20 tahun.

6. Pap Smear
Kanker serviks adalah pembunuh mematikan bagi banyak perempuan di seluruh dunia. Memasuki usia 21 tahun atau telah aktif secara seksual, setiap wanita yang menikah harus menjalani tes pap smear untuk mendeteksi apakah ada gejala kanker serviks sejak dini.

7. Tiroid atau Kelenjar Getah Bening
Perempuan yang memiliki sejarah keluarga mengidap kanker kelenjar getah bening, harus rutin memeriksakan dirinya setiap 5 tahun sekali.

Baca juga: 9 Jenis Olahraga Untuk Menambah Tinggi Badan

8. Tekanan Darah
Tinggi atau rendah tekanan darah, dapat berpengaruh pada serangkaian penyakit yang cukup fatal. Setiap perempuan di atas usia 18 tahun wajib mengecek tekanan darahnya secara rutin.

9. Tes Kanker Ovarium atau Indung Telur
Wanita yang seringkali mengalami nyeri panggul atau memiliki riwayat kanker ovarium disarankan untuk mengambil tes ini sesuai dengan anjuran dokter kandungan.

Tak ada salahnya meluangkan sedikit waktu dan biaya untuk menjalani tes-tes penting ini. Lebih baik mengetahui dini bagaimana kondisi tubuh kita agar tidak terlambat dalam hal menangani dan menyembuhkannya.

Semoga informasi ini berguna untukmu, Ladies.

By | 2018-02-12T00:42:31+00:00 February 12th, 2018|gaya hidup, tubuh ideal|0 Comments

Leave A Comment